Saturday, May 24, 2014

Sebelum Melanjutkan Kisah Semeru


Kisah ini sudah kususun sejak Februari yang lalu, dan telah kukirimkan bentuk cetaknya (dengan sampul yahut abis) ke ketiga rekan Semeruku. Ini kisah memang sudah lama, namun janji untuk menuliskannya terlanjur sudah menubuh. Dan apalagi yang membuat seseorang merasa menjadi pengecut selain tak (mau) memenuhi sumpah yang pernah terucap? Atas nama kepenuhan diriku, maka aku segera menaruhnya di blog.

Kisahnya lumayan panjang, dalam versi cetak dengan kertas A5 ia menembus halaman tujuh puluh - itu pun belum bercerita tuntas hingga makan baso Malang. Saat itu inginnya aku dapat menulis hingga 150 halaman atau lebih, biar sok seperti menulis novel. Tapi hal itu tentu malah akan membuatku jauh dari berkarya, karena aku teringat pepatah seorang peneliti: sebuah karya yang baik adalah yang selesai. Tujuh puluhan halaman saja aku sudah mengalami masa-masa di mana ingin segera melihat versi cetaknya (terutama melihat desain layout-nya) dan menjadi begitu eneg menulis, apalagi bila harus menulis lebih dari 150 halaman. Kiranya nanti saja, bila mental sudah siaga, bila tubuh sudah merasa perlu menulis cerita sepanjang itu.

Ketika sudah ia menjadi buku, rasa lega luar biasa menghambur. Rasanya hampir sama ketika aku membukukan update status Facebook atas perjalanan Rinjani. Aku berikan gambar sampul keduanya untuk spoiler.

Sampul anijnRi (2012), Jurnal Perjalanan Rinjani dalam Update Status FB
 
Sampul Mahameru itu Berada di atas Semeru (2014), hanya sebuah kisah berjalan
Tentu isi yang tujuh puluhan halaman akan ku-floor-kan di sini, karena sudah merupakan janji, betul? Untuk kisah Rinjani, biarkan ia duduk tenang di Radio Buku (sudah kusumbangkan ke sana bukunya :p).

Maka dengan ini, resmi kisah Semeru kulanjutkan. Cerita terbagi dalam beberapa post sesuai bab dalam versi cetaknya. Semoga tak begitu usang untuk dibaca. Tentunya cerita dimulai dari: Mahameru itu Berada di atas Semeru (1) yang kutulis dua tahun yang lalu. Baca itu dulu, baru setelahnya melanjutkan post sehabis ini.

Baiklah, saya pamit!! Don't enjoy!!!

No comments:

Post a Comment

enter what comes into your head.. -_-b